Cara Menghilangkan Pori-pori Kulit Wajah

Siapa nih dari kamu yang selalu berharap pori-pori wajahmu tidak terlihat? Namun faktanya, pori-pori tidak bisa dihilangkan karena memiliki fungsi penting. Tapi jangan pernah dibiarkan sampai tersumbat, ya. Pasalnya, pori-pori yang tersumbat rentan muncul komedo dan jerawat.

Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui cara mengecilkan poripori wajah secara alami yang aman untuk Anda lakukan. Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami adalah dengan rutin membersihkan wajah.

Wajah yang kotor dikhawatirkan akan menyebabkan clogging dan membuat pori-porinya membesar.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui cara mengecilkan pori-pori di wajah, Parboaboa telah merangkum beberapa caranya di bawah ini!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencuci wajah secara rutin. Kulit wajah setiap hari tak lepas dari paparan debu atau partikel kotoran, apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Jika tidak dibersihkan, maka debu dan partikel kotoran tersebut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan iritasi. Hal tersebut akan memicu pori-pori membesar.

Karena itu, kamu harus membersihkan wajah secara rutin untuk membantu mengecilkan pori-pori kulitnya secara alami. Kamu wajib membersihkan kulit wajah sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi serta malam hari sebelum tidur.

2. Es Batu

Esbatu dipercaya dapat mengecilkan pori pori. Hal ini dibuktikan dalam penelitian di International Journal of Recent Scientific Research. Tak hanya itu, penggunaan es batu juga dapat menenangkan kulit serta mengencangkan.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Secara khusus, air di dalam tubuh dapat melembapkan kulit secara internal, mengeluarkan racun dari pori-pori, sekaligus meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Oleh karena itu, setidaknya kamu minum 8 gelas air atau cairan lain setiap harinya. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menambahkan lemon, mentimun, atau beri dalam air putih sebagai perasa.

4. Gunakan Pelembab

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak adalah menggunakan pelembap, karena khawatir kulit wajah mereka akan semakin berminyak.

Padahal, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan pori-pori wajah semakin membesar. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah untuk mengecilkan pori-pori sekaligus menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

5. Eksfoliasi Wajah

Terakhir, ekspoliasi wajah. Eksfoliasi adalah teknik mengangkat kotoran dan mengelupas sel-sel kulit mati. Kamu dapat menggunakan eksfoliasi secara kimiawi, yaitu menggunakan produk skincare dengan kandungan aktif, seperti asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat. Hal ini dapat mengurangi minyak dan membersihkan pori-pori sehingga tak tampak membesar atau menghitam.

Itulah beberapa cara menghilangkan pori-pori wajah yang perlu kamu ketahui.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama