Cara Merawat Kulit Wajah Yang Benar




Wanita Indonesia cenderung mengalami kulit berminyak dipengaruhi oleh iklim tropis. Selain itu ada 3 masalah utama yang kerap kali dihadapi wanita Indonesia yakni jerawat, kulit kusam, dan penuaan. 

Kamu sedang mencari tips untuk merawat kulit wajah? kalian dapat membaca blog kami dibawah ini. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan kita, admin menyarankan agar kamu mendengarkan musik atau lagu chord runtah sambil membaca artikel ini. Langsung saja yuk kita simak.

1. Rutin Mencuci Muka

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling mendasar adalah dengan rutin mencuci muka. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di wajah.

Namun, jangan terlalu sering juga mencuci muka. Karena bila terlalu sering dapat memperparah kondisi kulit kalian, apalagi bila kulit kalian sedang berjerawat.

2. Gunakan Toner Wajah

Setelah mencuci muka selanjutnya kalian dapat menggunakan toner untuk membantu menggangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah kalian membersihkan muka.

Selain itu, bagi kalian yang kulitnya berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.

3. Pakai Serum 

Apapun jenis kulit kalian, baik kulit kering, berminyak, berjerawat, atau yang sudah kinclong bersinar sekalipun, kalian wajib gunakan serum wajah karena serum wajah bisa langsung menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik.

Misalnya jika kalian ingin melawan hiperpigmentasi dan bekas jerawat bisa gunakan serum vitamin C.

4. Pelembab

Setelah menggunakan serum, lanjutkan dengan menggunakan pelembab. Semua jenis kulit wajib menggunakan pelembab, termasuk kulit berminyak. Bagi kalian pemilik kulit normal dan kering, gunakan pelembap berbahan dasar minyak dan hindari yang berbahan dasar alkohol.

Sementara untuk jenis kulit berminyak, pilih pelembap yang berbahan dasar air dan berlabel non-comedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Dan apabila kulit kalian sensitif, pilihlah pelembap yang tidak mengandung parfum dan alkohol.  

5. Gunakan Sunscreen

Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare, seperti toner atau serum, tetapi melupakan bagian yang paling penting, yakni menggunakan sunscreen.

Padahal, cara merawat wajah melalui penggunaan sunscreen merupakan hal yang wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Bahaya paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit.

6. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Setelah rutin melakukan perawatan muka, kalian juga perlu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati. 

kalian bisa melakukan eksfoliasi wajah tiap seminggu sekali untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga wajah bisa tampak cerah dan berseri alami.

Jika kulit kalian tergolong kulit sangat kering, lakukan eksfoliasi secara ringan dan lakukan hanya sebulan sekali agar kulit tidak semakin kering. Setelah itu, pastikan kalian mengoleskan pelembap untuk menghidrasi kulit.

7. Gunakan Masker Wajah

Cara merawat wajah yang benar dan maksimal bisa diiringi dengan menggunakan masker. Penggunaan masker wajah sebenarnya tak perlu sering-sering dan cukup sekali seminggu saja. 

Kalian bisa menggunakan masker wajah berbahan dasar clay (lumpur) atau charcoal (arang aktif) yang dapat membantu membersihkan pori-pori kulit wajah dan mengecilkan ukurannya.

8. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat, baik untuk kesehatan kulit wajah sehingga termasuk dari rangkaian cara merawat wajah yang benar dan paling mendasar. 

9. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup dapat merawat wajah yang benar agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

Pada umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi. 

10. Tidur Yang Cukup

Saat kalian tidur malam merupakan waktu bagi kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jika kalian kurang tidur bisa menyebabkan stres dan munculnya hormon kortisol dan adrenalin yang bisa mengakibatkan jerawat. Jadi sebisa mungkin tidur selama 7-8 jam setiap malam agar kulit tetap sehat.

11. Jaga Level Stres

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit kalian menjadi lebih sensitif hingga muncul jerawat dan masalah kulit lainnya.

Hal itu terjadi karena stres meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Untuk itu, lakukan upaya manajemen stres seperti yoga, latihan pernapasan dan meditasi.

12. Berolahraga 

Olahraga dapat membuat tampilan wajah seseorang tampak cerah dan lebih awet muda. Karena ketika berolahraga, hormon stres yang Ada di dalam tubuh akan berkurang sehingga mengurangi risiko munculnya masalah kulit.

Tidak hanya itu, dengan berolahraga kamu juga dapat menjaga stamina tubuh kamu agar tetap fit, apalagi kamu yang sering mengeluarkan tenaga ekstra atau bekerja giat, seperti bernyanyi seharian menyanyikan lagu chord satu rasa cinta.

Jika ingin memperoleh manfaatnya, maka kalian tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, atau berenang, minimal 2 kali seminggu selama 30 menit per sesi.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersih. Jangan biarkan masalah pada kulit wajah membuatmu tidak percaya diri. Dan jangan lupa untuk membaca blog kami selanjutnya.

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama