Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan impian bagi semua orang, khusus nya pada wanita.

Kilit wajah yang sehat bersinar dan juga bersih juga menjadi salah satu dambaan yang membuat kaum hawa ini melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya.

Namun sangat disayangkan, mendapatkan kulit wajah yang seperti itu bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Ada saja masalah-masalah kulit yang muncul sehingga kita tidak bisa mendapatkan wajah cerah dan juga sehat.

Salah satu masalah kulit wajah yang sangat umum dihadapi oleh kebanyakan orang, termasuk wanita adalah mengalami kulit kusam.

Kulit kusam tentu akan mengurangi permofa kita, hingga tak jarang kondisi ini membuat kita kurang percaya diri untuk tampil di khalayak umum.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai faktor yang menjadi penyebab terjadinya kulit kusam serta cara mengatasinya. Penasaran apa saja? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu ketika menyimak ulasan ini. Berikut penjelasannya.

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

1. Penyebab kulit kusam

Pertambahan usia

Salah satu penyebab kulit menjadi kusam adalah karena faktor pertambahan usia.

Disaat terjadinya pertambahan usia, tingkat kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen akan mengalami penurunan.

Hal ini membuat kulit akan tampak lebih kering, muncul beberapan kerutan halus di wajah, serta tak jarang dapat menimbulkan kulit menjadi lebih kusam.

Udara Panas dan Kering

Penyebab kulit kusam yang berikut adalah dapat disebabkan karena kondisi udara yang cenderung panas dan juga kering.

Faktor cuaca yang seperti ini dapat membuat wajah menjadi lebih cepat kusam dibandingkan dengan hari biasanya.

Kondisi ini juga lebih sering terjadi pada musim kemarau, musim dingin, atau cuaca tertentu dengan udara kering dan tingkat kelembapan sangat rendah.

Kurangnya pelembap

Faktor berikutnya yang dapat membuat kulit tampak lebih kusam adalah karena kulit kurang mendapatkan asupan pelembab yang cukup.

Kalian harus tau bahwa selain pentingnya menjaga asupan air, ternyata kulit juga memerlukan asupan pelembab yang berasal dari pelembap atau moisturizer.

Pemakaian pelembab secara teratur dapat menghindarkan kulit mengalami kerusakan dan membuatnya tampak lebih sehat.

Penumpukan sel kulit mati

Faktor penyebab kulit kusam yang berikutnya adalah karena terjadi penumpukan sel kulit mati pada kulit yang membuat kulit tidak bisa bernafas dengan lega, serta penyerapan skincare menjadi tidak  maksimal.

Kondisi ini akan membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga potensi terjadinya kulit kering akan semakin meningkat.

Kebiasaan begadang

Penyebab kulit kusam yang berikutnya adalah karena terlalu sering begadang.

Pada dasarnya asupan tidur yang cukup dapat membantu proses pembentukan kolagen serta kelatin yang berguna untuk membantu mengencangkan serta menyehatkan kulit.

Namun, jika kalian terlalu lama begadang, maka kulit tidak akan mampu membentuk kolagen, hasilnya kulitnya akan tampak lebih kusam.

Stres yang tidak terkelola

Ternyata faktor stes juga dapat membuat kulit menjadi lebih kusam dan tidak cerah.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat kalian sedang mengalami sebuah masalah hidup yang membuat kalian menjadi lebih banyak berfikir, produksi kortisol dalam tubuh akan mengalami peningkatan sehing dapat memicu munculnya masalh kulit seperti rosacea dan jerawat.

Minum alkohol berlebihan

Faktor berikutnya yang dapat mebuat wajah tampak lebih kusam adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kadar alkohol yang sangat tinggi.

Kalian harus tau bahwa kandungan alkohol dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Nah, keadaan tubuh yang kekurangan cairan inilah yang membuat kulit menjadi kering, kusam, dan kurang bercahaya.

Setelah kita mengetahui beberpa faktor yang menjadi penyebab kulit wajah yang kusam, ada baiknya juga jika kalian tahu cara mengatasi masalah kulit kusam.

2. Cara Mengatasi Kulit Kusam

Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah kulit kusam. Penasaran apa saja? Beikut penjelasannya.

  • Cara yang pertama adalah sebisa mungkin kalian harus menghindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub yang keras atau sabun mandi yang dapat menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, dan meradang.
  • Kemudian hentikan kebiasaan kalian yang sering menggunakan air hangat untuk mencuci wajah, karena hal tersebut dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah yang memicu berkurangnya kadar kelembapan dalam wajah.
  • Pilih dan gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis dan sensitivitas kulit.
  • Rutin melakukan eksfoliasi kulit secara rutin minimal dua kali seminggu yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan mengurangi garis-garis halus.
  • Rutin memakai pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit setiap harinya.
  • Kalian boleh menanbahkan penggunaan serum wajah untuk membantu melembapkan, mencerahkan kulit wajah, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Kemudian, lebih rutin untuk mengaplikasikan masker wajah dengan kandungan antioksidan dan pelembap sebanyak 1–3 kali per minggu.
  • Langkah yang paling penting yang harus kalian ingat adalah jangan lupa untuk menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi pemicu utama kuli menjadi kusam.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kulit kusam beserta cara mengatasinya. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama