Langsung ke konten utama

5 Rahasia Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Siapa di antara kita yang tidak pernah mengalami jerawat? Jerawat memang menjadi masalah umum yang dapat mengganggu kepercayaan diri kita, terutama ketika mereka meninggalkan bekas yang membandel. Tapi jangan khawatir! Ada kabar baik bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat tanpa perlu menggunakan produk kimia berbahaya. Rahasianya terletak pada bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur Anda sendiri. Yuk, jelajahi beberapa cara sederhana menggunakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan mendapatkan kulit yang lebih bersih. 1. Lemon Apakah Anda tahu bahwa lemon yang biasa digunakan untuk memberikan rasa segar pada minuman juga memiliki sifat pembersih kulit yang luar biasa? Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu mengurangi bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Caranya, cukup peras satu buah lemon, campurkan air perasannya dengan air matang, lalu aplikasikan campuran tersebut pada bekas jerawat dengan menggunakan kapas. Tunggu selama

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan impian bagi semua orang, khusus nya pada wanita.

Kilit wajah yang sehat bersinar dan juga bersih juga menjadi salah satu dambaan yang membuat kaum hawa ini melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya.

Namun sangat disayangkan, mendapatkan kulit wajah yang seperti itu bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Ada saja masalah-masalah kulit yang muncul sehingga kita tidak bisa mendapatkan wajah cerah dan juga sehat.

Salah satu masalah kulit wajah yang sangat umum dihadapi oleh kebanyakan orang, termasuk wanita adalah mengalami kulit kusam.

Kulit kusam tentu akan mengurangi permofa kita, hingga tak jarang kondisi ini membuat kita kurang percaya diri untuk tampil di khalayak umum.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai faktor yang menjadi penyebab terjadinya kulit kusam serta cara mengatasinya. Penasaran apa saja? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu ketika menyimak ulasan ini. Berikut penjelasannya.

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

1. Penyebab kulit kusam

Pertambahan usia

Salah satu penyebab kulit menjadi kusam adalah karena faktor pertambahan usia.

Disaat terjadinya pertambahan usia, tingkat kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen akan mengalami penurunan.

Hal ini membuat kulit akan tampak lebih kering, muncul beberapan kerutan halus di wajah, serta tak jarang dapat menimbulkan kulit menjadi lebih kusam.

Udara Panas dan Kering

Penyebab kulit kusam yang berikut adalah dapat disebabkan karena kondisi udara yang cenderung panas dan juga kering.

Faktor cuaca yang seperti ini dapat membuat wajah menjadi lebih cepat kusam dibandingkan dengan hari biasanya.

Kondisi ini juga lebih sering terjadi pada musim kemarau, musim dingin, atau cuaca tertentu dengan udara kering dan tingkat kelembapan sangat rendah.

Kurangnya pelembap

Faktor berikutnya yang dapat membuat kulit tampak lebih kusam adalah karena kulit kurang mendapatkan asupan pelembab yang cukup.

Kalian harus tau bahwa selain pentingnya menjaga asupan air, ternyata kulit juga memerlukan asupan pelembab yang berasal dari pelembap atau moisturizer.

Pemakaian pelembab secara teratur dapat menghindarkan kulit mengalami kerusakan dan membuatnya tampak lebih sehat.

Penumpukan sel kulit mati

Faktor penyebab kulit kusam yang berikutnya adalah karena terjadi penumpukan sel kulit mati pada kulit yang membuat kulit tidak bisa bernafas dengan lega, serta penyerapan skincare menjadi tidak  maksimal.

Kondisi ini akan membuat kulit menjadi lebih kering, sehingga potensi terjadinya kulit kering akan semakin meningkat.

Kebiasaan begadang

Penyebab kulit kusam yang berikutnya adalah karena terlalu sering begadang.

Pada dasarnya asupan tidur yang cukup dapat membantu proses pembentukan kolagen serta kelatin yang berguna untuk membantu mengencangkan serta menyehatkan kulit.

Namun, jika kalian terlalu lama begadang, maka kulit tidak akan mampu membentuk kolagen, hasilnya kulitnya akan tampak lebih kusam.

Stres yang tidak terkelola

Ternyata faktor stes juga dapat membuat kulit menjadi lebih kusam dan tidak cerah.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat kalian sedang mengalami sebuah masalah hidup yang membuat kalian menjadi lebih banyak berfikir, produksi kortisol dalam tubuh akan mengalami peningkatan sehing dapat memicu munculnya masalh kulit seperti rosacea dan jerawat.

Minum alkohol berlebihan

Faktor berikutnya yang dapat mebuat wajah tampak lebih kusam adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kadar alkohol yang sangat tinggi.

Kalian harus tau bahwa kandungan alkohol dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Nah, keadaan tubuh yang kekurangan cairan inilah yang membuat kulit menjadi kering, kusam, dan kurang bercahaya.

Setelah kita mengetahui beberpa faktor yang menjadi penyebab kulit wajah yang kusam, ada baiknya juga jika kalian tahu cara mengatasi masalah kulit kusam.

2. Cara Mengatasi Kulit Kusam

Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah kulit kusam. Penasaran apa saja? Beikut penjelasannya.

  • Cara yang pertama adalah sebisa mungkin kalian harus menghindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub yang keras atau sabun mandi yang dapat menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, dan meradang.
  • Kemudian hentikan kebiasaan kalian yang sering menggunakan air hangat untuk mencuci wajah, karena hal tersebut dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah yang memicu berkurangnya kadar kelembapan dalam wajah.
  • Pilih dan gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis dan sensitivitas kulit.
  • Rutin melakukan eksfoliasi kulit secara rutin minimal dua kali seminggu yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan mengurangi garis-garis halus.
  • Rutin memakai pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit setiap harinya.
  • Kalian boleh menanbahkan penggunaan serum wajah untuk membantu melembapkan, mencerahkan kulit wajah, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Kemudian, lebih rutin untuk mengaplikasikan masker wajah dengan kandungan antioksidan dan pelembap sebanyak 1–3 kali per minggu.
  • Langkah yang paling penting yang harus kalian ingat adalah jangan lupa untuk menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi pemicu utama kuli menjadi kusam.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kulit kusam beserta cara mengatasinya. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Bibir

  Setiap Perempuan, alat kosmetik merupakan barang yang wajib jadi list shopping . Dari sekian banyak produk kosmetik, lipstiklah barang yang paling sering dikoleksi. Maka dari itu, sebelum memilih lipstik yang cocok untuk kamu, kenali terlebih dahulu warna bibirmu. Berikut tips memilih lipstik sesuai warna bibir. 1.  Lipstik untuk yang Warna Bibirnya Gelap Ada beberapa warna lipstik yang cocok untuk pemilik kulit bibir gelap. Diantarnya ada warna choco (cokelat), merah, nude , dan juga plum . Nah, untuk tampilan dihari biasa cukup memilih warna bibir gelap atau cenderung hitam bisa mengaplikasikan warna yang lebih soft seperti choco dan nude . Namun untuk acara party lebih menawan bila memakai polesan lipstik warna merah. Agar terlihat lebih elegan. 2. Lipstik untuk Warna Bibir Pucat Yang memiliki warna bibir pucat biasanya memiliki masalah dengan warna lipstik yang soft . semakin soft warna lipstiknya, semakin pucat pula bibirnya. Untuk itu, sebaiknya gunakan warna ya

Sering Mengenakan Softlens, Ini Dia Dampak Negatif Yang Harus Kamu Ketahui

Dalam menunjang penampilan yang semakin cantik dan perfectionist , beberapa wanita memilih untuk menggunakan softlens . Pasalnya, selain untuk menambah tampilan mata menjadi lebih cantik, beberapa orang menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata. Kadang, ada yang tidak nyaman dengan menggunakan kacamata karena cukup mengganggu penampilan. Selain penggunaannya yang mudah, softlens sangat mudah untuk dibawa kemana mana. Bagi pengguna softlens rutin, biasanya mempunyai tahap untuk memasang, melepas atau juga memberishkan. Tapi bagaimana dengan yang terlalu lama menggunakan benda kecil yang satu ini? Atau bahkan ada yang sering kelupaan untuk melepas dan membawanya tidur. Ternyata kesalahan yang menurut kamu kecil itu dapat mempengaruhi kesehatan mata lho. Berikut beberapa dampak negatif dari pemakaian softlens yang terlalu lama: Konjungtivitis atau Mata Merah Permasalahan yang satu ini menjadi yang paling sering muncul pada area mata, dan salah satu penyebabnya adalah pe

Tampil Cantik Dengan Tindik di Telinga? Simak 5 Model Piercieng yang Harus Kamu Coba

Bagi wanita, untuk menjadi cantik adalah hal yang harus dijadikan sebagai patokan utama dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan tak jarang banyak tren aneh untuk seseorang menjadi canti, lho. walau kadang harus menyakiti diri sendiri, hal tersebut tetap dilakukan demi menjadikan tampilan lebih cantik. Seperti contoh yaitu penggunaan tindik . Mungkin hal yang satu ini tidak asing lagi   dijumpai di kalangan masyarakat bukan. Penggunaan anting menjadi hal yang paling sering dilakukan dalam menindik. Sejak tren menindik di luar area anting, makin banyak dilakukan, berbondong-bondong juga join pada tren yang satu ini. Apakah kamu ingin tampil cantik dengan menggunakan piercieng ? Jikalau iya, berikut model piercieng untuk tampil cantik dan trendi yang bisa kamu jadikan refrensi untuk menindik, simak yuk. 1. Lobe Piercing  Untuk jenis tindik yang satu ini menjadi yang paling sering dan umum untuk dilakukan. Biasanya, model piercieng yang satu ini menjadi pilihan untuk pemula