Cara Mengurangi Kaki Pecah-Pecah

Setiap orang pasti mengingini kulit yang mulus dan bersih. Kadang, beberapa dari kita cukup menyepelekan adanya gangguan pada kulit.

Walaupun memang setiap orang memiliki beberapa masalah pada kulit bisa berujung dengan masalah serius jikalau tidak diperhatikan dengan baik. Seperti kita contohkan saja kaki pecah-pecah. Istilah ini muncul karena permukaan telapak kaki tampak sobek dan retak yang dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Tak hanya itu, kaki pecah pecah jikalau dibiarkan akan menyebabkan infeksi yang akan mempengaruhi kondisi kaki kalian. Maka dari itu, ada baiknya kalian kenali penyebab dari terjadinya kaki pecah-pecah serta cara mengatasinya.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

1. Kulit kering akibat penuaan

2. Dehidrasi

3. Iritasi Sabun atau Detergen

4. Infeksi Jamur

5. Kelaian penebalan kulit / Kondisi palmoplantar keratoderma

6. Diabetes

7. Kulit terlalu lama kena air

8. Kurang Asupan Vitamin

9. Berdiri terlalu lama

10. Sering mandi air panas

11. Penggunaan alas kaki yang tidak tepat

12. Kaki lembab karena keringat

Beberapa penyebab di atas bisa terjadi karena hal yang sengaja dan tidak sengaja. Jikalau merasa permukaan kaki sudah tidak mulus dan juga mulai pecah yang terlalu dalam, ada baiknya kalian melakukan cara untuk mencegah robekan pada permukaan kaki kalian semakin parah.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Adapun cara untuk mengurangi kaki pecah-pecah yaitu sebagai berikut :

1. Minum Air yang Banyak

Alasan kenapa minum air yang banyk dapat membantu kalian dalam mengurangi kaki pecah-pecah, karena beberapa faktor yang menyebabkan kaki pecah-pecah karena terjadinya dehidrasi serta keekurangan mineral di dalam tubuh.

Tak hanya itu, kaki yang cukup kering juga dapat menyebabkan terjadinya kaki pecah-pecah. Dengan mengkonsumsi air yang cukup, kita bisa memenuhi kelembaban dalam kulit. dengan kulit yang memiliki kelembapan yang cukup, maka akan terhindar dari kaki kulit pecah-pecah pada permukaan kaki kita.

Maka dari itu, ada baiknya kita memenuhi kebutuhan tubuh agar kesehatan tubuh termasuk kulit kita juga dapat terjaga ya.

2. Pilih Sabun yang Lembut

Dalam pemilihan sabun juga harus kita perhatikan komposisinya. Ada beberapa sabun yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kaki kita sehingga menyebabkan kulit pecah-pecah.

Seperti yang kita tau, ada beberapa jenis kulit yang sensitif yang mana jenis sabun pun dapat mempengaruhi kelembutan kaki kalian. Ada baiknya, kalian perhatikan kandungan kimia yang ada di dalam sabun.

Jikalau memiliki kandungan dengan bahan kimia yang keras, malah akan membuat permukaan kaki kalian akan semakin kering dan kasar.

3. Hindari mandi dengan Air Panas

Pastinya diantara kita banyak yang menyukai air panas atau memiliki suhu hangat untuk jadi air mandi kita bukan? Tak hanya itu, berendam menggunakan air hangat dapat membantu kita menjadi rileks disaat badan kita cukup kelelahan.

Tapi, dengan berendam air panas terlalu sering dan terlalu lama ternyata bisa membuat kaki kita pecah-peach lho. Hal itu disebabkan air panas dapat membuat kaki kita terlalu lembab, yang mana jikalau permukaan kaki kita terlalu lembab dapat memicu terjadinya robekan pada permukaan kaki.

4. Oleskan Pelembab secara rutin

Sesuai dengan namanya, pelembab digunakan untuk melembabkan permukaan kaki. Jadi, kalau kebiasaan kali hanya menggunakan di sepanjang kaki tapi tidak dengan tapak kakinya, coba diubah ya.

Dengan menggunakan pelembab secara rutin, kaki kalian yang kering dapat terhindar atau bahkan bisa menghilangkan kaki pecah-pecah secara perlahan sehingga kaki akan kembali cantik seperti semula. 

5. Menggosok kaki untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Tapak kaki biasanya sering bersentuhan dengan banyak benda yang mana dipastikan dapat menimbun sel-sel kulit mati yang berlebihan. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut,dapat kalian gosok dengan menggunakan scrub atau bahkan sponge mandi yang cocok  utnuk mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

Nah, itu dia penyebab serta cara mengatasi kulit pecah-pecah pada kaki. Semangat dalam merawat diri ya, agar kita bisa tampil percaya diri setiap harinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama