Mengenal Penyebab Dan Cara Mengatasi Terjadinya Stretch Marks


Setiap orang pasti mengingini kulit yang mulut dan bersih. Hal itu perlu tak dipungkiri lagi. Beberapa orang berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan juga cantik untuk dipandang.

Tak harus putih ya, setidaknya kulit harus benar-benar bersih dan juga sehat. Kadang itu saja cukup. Tapi beberapa kendala yang tampak pada kulit bisa membuat kita terganggu dan merasa tidak nyaman dalam melakukan apapun.

Seperti contoh Stretch Marks yang ada pad tubuh.

Sebelumnya, stretch mark sendiri biasa disebut dengan gurat peregangan yang mana dapat disebabkan oleh banyak hal dasar. Biasanya stretch mark ini sendiri terjadi pada ibu hamil. Tapi ternyata, semua orang juga bisa mengalami  stretch mark lho.

PENYEBAB STRETCH MARK

Adapun penyebab stretch mark pada tubuh adalah peregangan pada kulit. tapi walaupun begitu, parahnya tingkat stretch mark terjadi tergantung faktor penyebabnya.

Tapi stretch mark bisa juga didapati karena turunan gen, derajat peregangan pada kulit, serta dari kadar hormon kortisol di dalam tubuh.

Sebelumnya, hormon kortisol itu sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang mana hormon ini dapat melemahkan fiber elastik pada kulit.

Penyebab umum terjadinya stretch mark adalah sebagai berikut:

1. Memiliki riwayat meengalami stretch mark atau gen dari keluarga.

2. Terjadi penaikan berat badan berlebih pada tubuh.

3. Jenis Kelamin Wanita

4. Kehamilan, terutama kehamilan saat usia muda

5. Menjalani pengobatan kortikosteroid

6. Mengalami jenis sindrom seperti Cushing, sindrom Marfan, atau kelainan genetik tertentu.

GEJALA STRETCH MARK

Adapun ciri atau gejala dari stretch mark tersebut pada kulit bisa seperti :

1. Terbentuk garis dengan lekukan sejajar pada kulit

2. Memiliki warna yang bervariasi seperti merah muda, merah, hitam, biru atau ungu

3. Garis-garis terang yang memudar menjadi warna yang lebih terang

4. Biasanya terdapat pada perut, payudara, pinggul, pantat atau juga paha

5. Merupakan garis yang bergerombol yang menutupi tubuh secara luas

Jadi untuk kalian yang merasa mengalami gejala ini, ada baiknya kalian melakukan perawatan untuk memudarkan dan menghilangkan stretch mark pada kulit.

CARA MENGHILANGKAN STRETCH MARK

1. Laser

Laser adalah cara yang paling mudah untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Perawatan ini pun tidak perlu menunggu lama, kalian hanya perlu menunggu dalam hitungan menit.

Tapi tetap tidak ada yang instan untuk perawatan kulit agar semakin lebih cantik lagi. Walaupun hanya menunggu hitungan menit saja, ada baiknya perawatan stretch mark dengan laser bisa kalian lakukan dengan rutin dan bertahap.

2. Minyak Zaitun

Mungkin untuk ukuran minyak zaitun tidak perlu diragukan lagi, karena minyak ini mempunyai khasita yang banyak dan salah satunya coock untuk kecantikan pada kulit. di dalam minyak zaitun terdapat kandungan zat linoleic acid-nya yang mana berfungsi untuk menjaga kandungan air pada kulit.

Dengan begitu, stretch mark pada kulit kita bisa memudar dengan perlahan. Selain kandungan zat linoleic acid-nya, kadnungan lain seperti polifenol yang memiliki sifat antioksidan bisa membantu meregenerasi kulit kita yang mengalami kerusakan.

Untuk pemakaia minyak zaitu kamu bisa mencampurkan 1 sendok minyak zaitun itu sendiri dengan sedikit madu, yang kemudian bisa kamu oleskan dengan merata di area stretch mark.

3. Losion

Untuk losion kalian bisa menggunakan yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Walau disini stretch mark tidak memandang jenis kulit, kamu bisa menggunakan losion untuk memudarkan stretch mark kalian secara perlahan.

4. Putih Telur

Kali ini, putih telur direkomendasikan untuk kalian yang memudarkan bekas stretch mark. Putih telur juga merupakan salah astu bahan alami untuk memudarkan stretch mark pada kulit. khasitanya yang berguna untuk mengenyalkan kulit juga sekaligus mencerahkan bisa menjadi sumber protein untuk kulit dan juga mikronutrien yang baik.

Seperti yang kita ketahui, putih telur memiliki bau yang amis, maka kamu bisa menambahkan perasan air lemon di dalamnya.

Nah, itu dia beberapa rangkuman tentang stretch mark yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini membantu ya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama