Penyebab dan Cara mengatasi Milia

Memiliki wajah yang mulus dan bersih seperti mikha tambayong menjadi idaman bagi banyak wanita pastinya. Tak hanya menjadi hal yang diinginkan, kebanyakan memiliki wajah yang bersih akan membuat rasa percaya diri bertambah, dan akan sangat nyaman dalam melakukan hal apapun.

Beberapa masalah yang bisa mempengaruhi skin barrier  yaitu seperti bopeng, jerawat, milia, kulit merah dan lainnya. Jikalau memiliki wajah yang tidak bersih dan mulus, kadang dalam memakai outfit  apapun akan terlihat sangat tidak nyaman.

Contohnya milia.

Apakah kalian tau apa itu milia sebelumnya? Tanpa disadari, milia banyak hadir di ebberapa muka setiap orang. Banyak juga yang terlalu sepele dengan kehadiran milia.

Penyebab Milia

Sebelumnya, milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang biasanya muncul di bagian wajah. Adapun penyebab dari milia karena sel kulit mati atau protein yang bernama keratin terperangkap di bawah permukaan kulit.

Biasanya, milia juga timbul pada anak bayi yang baru lahir, tapi tak banyak yang tak mengetahui pasti alasan kenapa milia bisa hadir.

Selain karna sel kulit mati, milia juga bisa hadir karena kerusakan kulit seperti :

·         Luka lepuh akibat penyakit tertentu

·         Luka lepuh karena paparan tanaman beracun

·         Terkena sinar matahari terlalu lama

·         Penggunaan krim dengan kandungan kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama

Gejala Milia

Kondisi ini diawali dengan timbulnya benjolan putih kecil yang berwarna putih mutiara dan juga putih kekuningan yang memiliki diameter sekitar 1-2 milimeter. Milia tidak menimbulkan rasa perih dan nyeri, tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Biasanya, milia muncul di wajah pada area kulit kepala, dahi, kelopak mata, hidung, pipi dan rahang.

Cara Menghilangkan Milia

1.  Jangan Memencet Milia

Hal itu sangat di anjurkan karena jikalau kita memencet milia yang ada pada wajah bisa saja mengakibatkan hal yang sia-sia. Pastinya kita sangat ingin menghilangkan milia dengan cepat, tapi dengan memencet milia yang ada, hanya akan membuat lapisan tersebut timbul lagi.

2. Jangan Skip Sun Sreen

Kadang, beberapa orang merasa risih saat memakai sunscreen karena banyak jenis sunscreen yang memiliki kandungan yang menyebabkan wajah berminyak dan terasa berat di wajah. Kadang, beberapa juga beranggapan kalau sunscreen bisa menyebabkan kulit atau pori-pori tersumbat.

Padahal, sebenarnya kalian dilarang keras dalam menghilangkan sunscreen dalam tahap skincare kalian. Seperti yang kita tau, milia bisa hadir akrena terpapar sinar matahari yang cukup lama. Sedangkan sunscreen bisa mengatasi wajah dari resiko terpaparnya kulit karena sinar matahari.

3. Tambahkan Produk yang Mengandung Retinola

Kandungan retinol dikenal baik untuk mempercepat pertumbuhan kulit mati, selain itu, kandungan ini dapat mengangkat sel kulit mati yang ada karena fungsinya sebagai bahan eksfloisasi pada wajah. Dengan sel kulit baru yang tumbuh dengan cepat dapat membantu kita dalam mengatasi milia dengan cepat dan mudah.

4. Hindari Scrub Badan Dengan Gula Atau Garam

Gula dan garam merupakan salah satu rekomendasi  scrub yang baik, tapi untuk mengatasi milia, ada baiknya kalian hindari ya. Karena beberapa fakta mengatakan akibat dari partikel gula dan garam yang terlalu besar bisa menyebabkan terjadinya micro tears.

5. Jangan Melakukan Penguapan Yang Berlebihan

Penguapan pada wajah bisa membantu kita membuka pori-pori agar kotoran dapat keluar dengan mudah dan wajah menjadi lebih bersih. Untuk milia sendiri, cukup baik memang jikalau diuapi, tapi untuk takaran yang terlalu sering dapat mnyebabkan iritasi dan pori-pori yang semakin besar.

Nah, itu dia rangkuman seputar milia yang bisa kamu ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama