Sering Mengenakan Softlens, Ini Dia Dampak Negatif Yang Harus Kamu Ketahui


Dalam menunjang penampilan yang semakin cantik dan perfectionist, beberapa wanita memilih untuk menggunakan softlens. Pasalnya, selain untuk menambah tampilan mata menjadi lebih cantik, beberapa orang menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata.

Kadang, ada yang tidak nyaman dengan menggunakan kacamata karena cukup mengganggu penampilan. Selain penggunaannya yang mudah, softlens sangat mudah untuk dibawa kemana mana. Bagi pengguna softlens rutin, biasanya mempunyai tahap untuk memasang, melepas atau juga memberishkan.

Tapi bagaimana dengan yang terlalu lama menggunakan benda kecil yang satu ini? Atau bahkan ada yang sering kelupaan untuk melepas dan membawanya tidur. Ternyata kesalahan yang menurut kamu kecil itu dapat mempengaruhi kesehatan mata lho.

Berikut beberapa dampak negatif dari pemakaian softlens yang terlalu lama:

Konjungtivitis atau Mata Merah

Permasalahan yang satu ini menjadi yang paling sering muncul pada area mata, dan salah satu penyebabnya adalah penggunaan softlens yang terlalu lama. Jikalau kamu menggunakan softlens terlalu lama, bahkan lebih dari sehari, waspada penyakit yang satu ini akan menghampirimu.

Selain itu, kornea mata akan mengalami kekurangan oksigen ketika kamu memakai softlen, di sisi lain tubuh tidak dapat melawan infeksi yang terjadi akibat bakteri atau virus seefektis yang seharusnya. Maka dari itu, mata memerah menjadi permasalahan yang sering dialami oleh pengguna softlens.

Mata Mengalami Kekurangan Oksigen

Seperti penjelasan di atas, penggunaan softlens terlalu lama dapat membuat mata menjadi kekurangan oksigen. Hal itu dikarenakan softlens yang menetap dan menutup seluruh kornea mata terlalu lalu lama. Apalagi jikalau kamu memakai benda kecil tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama tikda dilepas.

Alergi dan Infeksi Mata

Jikalau mata sudah mengalami kemerahan atau kekeringan, kamu bisa rentan terkena alergi atau infeksi. Jikalau alergi dibiarkan dalam jangka panjang tanpa adanya pengobatan, maka bisa saja infeksi terjadi dan mengakibatkan abrasi kornea.

Salah satu hal yang menyebabkan abrasi kornea ini  yaitu jikalau softlens tidak dipasang dengan benar pada permukaan mata.

Ulkus Kornea

 Penyakit yang satu ini bisa menghampiri mata karena adanya bakteri dan jamu serta virus yang muncul pada kornea mata. Biasanya virus dan jamur tersebut karena terkontaminasi area luar, seperti melaluo tangan yang tidak bersih saat memasang softlens.

Jikalau dibiarkan begitu saja, ulkus kornea bisa menyebabkan kebutaan permanen dalam kasus-kasus yang ekstrem lho.

Ptosis

Jikalau kamu terlalu lama dalam menggunakan softlens, bisa jadi mata akan mengeluarkan cairan seperti air liur dan kamu akan kesulitan dalam membukanya. Hal tersebut bisa jadi kamu mengalami ptosis. Cairan yang ada dapat bergerak ke dalam jaringan dan menarik kelopak mata, apalagi kamu akan kesusahan saat melepas softlens.

Nah, itu beberapa efek samping yang bisa kamu alami jikalau terlalu lama dalam memakai softlens. Maka dari itu, ada baiknya melepas dan membersihkan softlens saat ingin dikenakan ya. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama