Tips Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik Dan Sehat

Bagi beberapa wanita, pastinya akan sangat menyenangkan jikalau mempunyai kuku yang cantik dan juga sehat. Tampilan kuku yang manis untuk dipandangan akan menambah rasa nyaman dan juga percaya diri dalam beraktivitas, 

kuku yang cantik dan sehat juga dapat mendorong tampilan kamu semakin stand out saat beraktivitas di luar lho!

Ciri-Ciri Kuku Sehat Dan Rusak

Adapun ciri-ciri kuku sehat adalah sebagai berikut:

• Tidak memiliki garis gelap 

• Kondisi kuku dan tangan lembab

• Lipatan kuku tidak bengkak

• Kuku tidak mudah patah

• Kuku tidak mudah patah

• Tidak berjamur

• Terdapat kutikulas

Coba perhatikan dengan kuku yang kalian miliki. Apakah kuku kalian termasuk kuku yang sehat tau tidak? Pastinya akan terasa minder jikalau mempunyai kuku yang rusak dan tidak sehat.

Berikut ciri-ciri kuku tidak sehat dan rusak:

• Rapuh

• Berwarna kuning

• Berwarna biru 

• Kuku terlihat pucat

• Kuku putih 

• Bergelombang

• Berjamur

Cara Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat

Kuku yang rusak haruslah dirawat dengan baik agar tampil sehat dan juga cantik pastinya. Dengan memiliki kuku yang cantik, dipastikan kalian dapat tampi percaya diri dalam beraktivitas.

Berikut cara untuk merawat kuku agar terlihat sehat dan cantik:

1. Gunakan sabun saat membersihkan kuku

Penggunaan sabun saat membersihkan kuku bisa membantu kalian untuk merawat kuku sekaligus tangan. Dengan sabun antibakteri, kalian bisa membunuh kuman yang ada di dalam sela-sela kuku, yang cukup sulit untuk dijangkau.

Kalau untuk kuku kaki, kalian bisa membersihkannya saat mandi, karena akan sangat ribet kalau kalian membersihkan kuku kaki dan kuku tangan bersamaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya menggunakan spons untuk menggosok area sela-sela kulit kuku jari.

2. Rutin Memotong Kuku

Kuku yang sehat adalah kuku yang terhindar dari bakteri. Bakteri-bakteri yang hinggap di sela kuku biasanya dapat menyebabkan jamur yang akan merusak kesehatan kuku. Maka dari itu, ada baiknya kita rutin untuk memotong kuku agar tidak terlalu panjang.

 Walau kadang bentuk kuku yang panjang bisa mempercantik jari tangan, tapi dengan kuku yang panjang bisa membuat bakteri hinggap dan menyebabkan jamur kalau tidak sering dibersihkan. Setelah memotong kuku, ada baiknya kalian membersihkan sela jari, agar terhindar dari infeksi atau kuku rapuh.

3. Rendam Kaki Di Air Hangat

Dibanding kuku tangan, kuku kaki merupakan bagian yang jarang atau cukup ribet untuk dibersihkan terlalu sering. Jikalau sedang beraktivitas di luar, kalian bisa mencuci tangan kalian di westafel umum tapi tidak dengan kuku kaki.

Maka dari itu, untuk menghindari bakteri yang menempel di sela kuku kaki bisa direndam dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk menjaga dan merawat kuku kaki untuk mempermudah dalam pembersihkan kotoran serta bakteri yang ada.

Jangan lupa bersihkan sesudah merendam ya.

 4. Waspada Dalam Pemakaian Cat Kuku

Sebagian wanita sering mempercantik kuku dengan kutex atau cat kuku. Banyak yang tak sadar dengan adanya zat beracun di dalam kutex yang dapat merusak kuku.

ada baiknya dalam mencat kuku, gunakan kutex dengan bahan dasar air dan juga tidak tahan lama, tetapi cenderung aman dilakukan.  Di saat membersihkannya kuku yang telah kalian cat, ada baiknya terdapat kandungan nonaseton di dalamnya.

Dalam penggunaan cat kuku lebih baik diberi jangka waktu agar tidak terlalu sering bergonta-ganti. Karena akan membuat kulit semakin rusak dan gampang berjamur.

5. Hindari Menggigit Kuku Tangan  

Untuk yang sering menggigit kuku tangan,kurangi kebiasaan buruk tersebut demi kesehatan kuku kalian. Dengan menggigit kuku jari dapat membuat dasar dari kuku rusak, dan adanya resiko luka kecil di bagian sela-sela kuku jari.

Hal tersebut dapat mengundang masuknya bakteri yang dapat menyebabkan kuku berjamur atau bahkan infeksi kuku.

Jikalau ada bagian kuku yang mengelupas, ada baiknya menggunakan alat pemotong kuku agar lebih higenis dibanding menggigitnya.

Sangat gampang bukan dalam merawat kuku agar terlihat cantik dan sehat? Usahakan merawat kuku dengan rutin agar kalian tetap nyaman dengan bentuk dan tampilan kuku kalian ya, semoga artikel ini membantu.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama