Tips Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tetap Sehat, Dijamin Mudah Dilakukan!

 

Mewarnai rambut memang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau warna rambut sesuai dengan undertone kulit. Hal ini bisa membuat wajahmu tampak semakin segar dan cerah. Namun, di balik warna yang cantik, terdapat dampak negatif terhadap rambut apabila tidakkonsisten dalam merawatnya. Bahan kimia yang ada di dalam cat bisa membuat rambut rusak. Batang rambut menjadi kering, mudah patah dan bercabang.

Banyak yang masih belum paham soal tips merawat rambut yang diwarnai dengan benar.  Tak sedikit yang malah bingung saat warna rambutnya pudar atau bertambah terang Nah, bagi kamu yag ingin mengetahui tipsnya, berikut telah kami sajikan!

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Untuk menjaga warna rambut tetap segara selama mungkin, kamu disarankan untuk keramas dua hingga tiga kali per minggu saja. Hal ini karena jika kamu keramas setiap hari, itu tak hanya menghilangkan warna pada rambut, tetapi akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk melembabkan rambut serta kulit kepala.

2. Pilihlah Sampo Khusus, Kondisioner dan Hair Mask

Tips Perawatan rambut yang berawrna selanjutnya adalah pilihlah sampo khusus, kondisioner dan hair mask. Sampo yang cocok untuk rambut berwarna, biasanya memiliki tekstur lembut sehingga tidak mengikis warna rambut dan membuat rambut menjadi kering.

Selain itu, gunakanlah kondisioner dan hair mask untuk menutrisi rambutmu agar tetap sehat dan indah. Penggunaan kondisioner ini berfungsi untuk melembapkan dan melembutkan rambut setelah keramas.

Sedangkan hair mask adalah perawatan mingguan yang wajib kamu lakukan karena hair mask membantu melembapkan rambut melembapkan rambut secara intensif. Gunakanlah hair mask seminggu 1-2 kali untuk menjaga kesehatan rambutmu.

3. Hindari Keramas dengan Air Hangat

Tips perawatan rambut yang berwarna selanjutnya adalah hindari menggunakan air hangat. Walaupun mandi dengan air hangat membuat badan tenang namun air hangat bisa melunturkan warna cat rambutmu lebih cepat.  Jadi, gunakanlah air dingin pada saat mencuci rambut yan diwarnai. Air dingin memiliki suhu yang lebih stabil sehingga tidak melunturkan warna cat rambutmu.

4. Hindari Mengganti Warna Rambut Terlalu Sering

Tips perawatan rambut berwarna selanjutnya adalah hindari mengganti warna rambut terlalu sering. Sebab, bahan kimia yang terkandung di dalam cat warna rambut lama-lama akan membuat rambutmu tidak sehat dan rusak.

Sebaiknya, catlah rambutmu secara berkala saja agar warna tetap menyala dan konsisten, berikan waktu untuk rambut beristirahat sejanak. Kemudian hindari mengganti warna rambut lebih dari 3 kali dalam satu tahun.

5. Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

Penggunaan alat styling rambut yang rutin akan membuat warna rambut menjadi pudatt dan tidak berkilau lagi. Suhu panas memang diperlukan untuk mempertahakankan tatanan rambut. Namun, jika rambut yang diwarnai terus menerus terpapar oleh suhu panas dari alat styling, maka rambut akan terlihat kusam. Oleh sebab itu, kamu perlu menambahkan produk vitamin rambut sebelum menggunakan alat styling rambut.

Nah, itulah 5 tips merawat rambut yang berwarna. Semoga ulasan kami bermanfaat dan selamat mencoba yah!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama